Ada dua kerusakan yang sering terjadi pada kloset, baik yang memakai flush (pembilas air) model pencet maupun tangkai. Pertama: kerusakan pada pemakaian karet-karet peralatan flush, seperti karet plug (penyumbat) dan karet pada dudukan tangki kloset. Kedua: kerusakan pada ring handel dan pengatur tinggi rendahnya tangki.

Kerusakan pada karet plug biasanya menyebabkan air terus mengalir ke lubang kloset. Sementara jika karet dudukan tangki kloset mengeras atau rusak, air akan keluar melalui sela-sela tangki dan dudukan. Penyebabnya umumnya karena "sudah tua" atau getas, sehingga tak fleksibel untuk menahan tekanan air. Kerusakan ini sulit diperbaiki, dan langkah terbaik adalah dengan menggantinya.

Kerusakan lainnya adalah pada tangkai pembilas dan patahnya pengatur ketinggian tangki. Memang mudah jika Anda langsung menggantinya dengan yang baru. Namun kalau ingin melakukan perbaikan sendiri, kami bisa tawarkan caranya. Yang Anda perlukan hanyalah teliti dan akurasi. Mau coba? Silakan mempernbaiki tangkai pengatur ketinggian tangki yang patah dengan panduan berikut ini. Alat yang Anda butuhkan diantaranya obeng minus dan solder elektronik.

 

 

Langkah-langkah perbaikan:

  • Buka tutup tangki. Hati-hati sewaktu membukanya. Caranya: Tekan tombol kecil dual flush dengan satu jari sambil mengungkit tombol yang besar menggunakan obeng minus, lalu buka tombol laon dengan obeng. Selanjutnya buka baut pengunci dual flush dengan obeng minus.
  • Buka alat tengah pembilas yang menyatu dengan pelampung air. Caranya: terlebih dulu tekan kedua sisi pengunci di badan alat tengah pembilas, sambil memutarnya kekiri sampai alat itu dapat diangkat ke luar tangki.
  • Buang bagian yang patah dan bersihkan. Ukur badan pembilas untuk membuat lubang sebagai dudukan pengunci baru. Simulasikan ke dalam tangki sampai menemukan dudukan yang tepat dan akurat.
  • Bikin dua lubang di kiri dan kanan pada bagian yang telah diberi tanda, di sela-sela tingkat ukuran ketinggian tangki, dengan solder. Lantas letakkan tangkai kecil sebaiknya dari bahan plastik sebagai penyangga buatan di kedua lubang itu. Rekatkan kedua pengait itu dengan solder agar mengunci rapat ukuran yang telah ditentukan. KLoset pun dapat dipakai lagi.

Sumber: Majalah Idea