Hubungi Kami

Kantor CV MITRA ANDA Aplikator :

Perum Sekawan Anggun A3 Bumi Citra Fajar
SIDOARJO
Telp/ Fax (031) 8075690 Hp. 081335829933
Email : cv.mitra.anda.sda[at]gmail.com
Cp. HARIYONO
 PIN BB : 280B9999
Whatapps : 087854946555

Workshop :
Bulusidokare Sidoarjo

Whois online

We have 94 guests and no members online

Pilah Pilih Jenis Lantai Kayu

lantai kayuKeindahan serat kayu membuat banyak orang tertarik menggunakannya untuk penutup lantai. Saat ini di pasaran ada banyak tersedia produk lantai kayu. Namun, keragaman motif, jenis dan ukuran lantai kayu agaknya sedikit membuat bingung pemilik rumah yang akan memasang lantai kayu di rumahnya.

Pada dasarnya tidak terlalu sulit memilih lantai kayu. Untuk memudahkannya, tentukan terlebih dahulu jenis lantai kayu yang akan  dipilih yang sesuai dengan anggaran dan dana yang dimiliki. Motif dan warna bisa menyesuaikan setelah jenisnya sudah terpilih.

Di pasaran ada 3 jenis lantai kayu

Pertama, lantai kayu solid. Lantai jenis ini terbuat dari kayu asli. Dulu orang mengenal bentuk lantai kayu solid berupa potongan kayu utuh yang dipasang untuk menutup permukaan lantai.
Sekarang ini, lantai kayu solid sudah dibentuk menyerupai lantai kayu yang berbentuk lembaran panel dan memiliki celah yang memudahkan memasangkannya. Sehingga dijamin Anda bisa melakukan pemasangan sendiri walau tanpa bantuan tukang. Kelebihan kayu solid, ukuran setiap lembarnya bisa besar, selain itu serat kayunya bisa tampak. Sedangkan kekurangannya adalah tidak tahan terhadap perubahan cuaca, sehingga harus ada perlakuan khusus terhadap kayu seperti kayu harus dioven terlebih dahulu untuk mengurangi kadar kelembaban kayu.

Kedua adalah lantai kayu engineered atau kayu multi layer. Jenis ini hampir mirip dengan kayu solid. Hanya saja proses pembuatannya berbeda. Kayu solid sebagai bahan baku dipotong dengan ketebalan tertentu dan ditumpuk secara bersilang (horisontal dan vertikal). Setelah itu tumpukan tersebut ditekan supaya padat. Dibagian permukaan atasnya diberi lapisan pelindung sehingga tampilannya halus dan kotoran atau debu tidak mudah masuk ke dalam pori kayu.

Ketiga adalah lantai kayu HDF atau lantai laminated. Bahan dasar utama jenis lantai kayu ini dibuat adalah serbuk kayu yang dipadatkan dengan suhu tinggi. Serbuk kayu yang dipadatkan inilah yang disebut HDF (high density fiber. Seperti lantai kayu engineered, di atas permukaan HDF diberi lapisan pelindung yang fungsinya untuk mencegah goresan.

Lapisan pelindung sendiri ada tingkatannya, diukur dari ketebalan/kekerasan lapisan pelindung, semakin tinggi tingkatannya maka semakin tinggi lantai kayu bisa menahan goresan. Lantai kayu HDF dengan ketebalan lapisan pelindung yang tinggi cocok digunakan untuk ruangan yang banyak hilir mudik orang.

Ketahanan Materialnya

Memilih lantai harus memperhatikan kekuatan materialnya. Dengan bahan dasar kayu yang rentan terhadap lendutan, goresan, api, air, dan rayap. Lantai kayu harus memiliki ketahanan yang lebih untuk menangkal kerentanan yang mungkin terjadi.

Ketahanan ini bukan berarti lantai kayu anti terhadap segala kerentanan, hanya saja mengurangi supaya tidak berdampak besar. Misalnya saja ketahanan terhadap api. Ketahanan terhadap apo berfungsi untuk meredam supaya bila ada bagian dari lantai yang terbakar. Api tidak menjalar ke seluruh lantai, setidaknya yang terbakar hanya pada titik sumber apinya.

Agar lantai  kayu tahan lama

Agar lantai kayu awet ada beberapa hal perlu diperhatikan
1. Sebelum lantai kayu dipasang, pasanglah terlebih dahulu plastik di atas permukaan lantai untuk mencegah kelembaban dan masuknya rayap

2. Pada saat membersihkannya, lakukan dengan menggunakan kain pel yang lembab saja. Jangan terlalu banyak air

3. Hindaru terkena tumpahan air. Segera bersihkan bila terkena tumpahan air.

4. Pencucian dengan cairan pembersih (wax) disarankan setahun sekali untuk menjaga lapisan permukaan cat tetap mengilap dan tidak cepat kusam

credit image: hunianrumah.com